Jumat, 14 Juni 2013

Diposkan oleh ibu hamil di 20.19 0 komentar

Posisi Tidur yang Aman dan Berbahaya Saat hamil


Posisi Tidur yang Aman dan Berbahaya Saat hamil

Seiring bertambah besarnya perut, ibu hamil terkadang bingung menentukan posisi tidur yang tepat. Sebagian besar ibu hamil merasa khawatir bila posisi tidur yang salah dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Untuk memudahkan ibu hamil dalam menentukan posisi tidurnya, berikut ini berbagai posisi tidur yang aman dan tidak aman bagi janin dalam kandungan:

1. Posisi Tengkurap
Tidur dengan posisi tengkurap sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Namun, setelah trimester pertama biasanya payudara akan membesar dan rangsang payudara pun menjadi lebih sensitif sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi ibu. Tidur tengkurap menjadi tidak nyaman pada usia kehamilan sekitar 14 minggu dimana perut sudah mulai membesar sehingga Anda harus mengganjal bantal di paha supaya dapat tidur tengkurap.

2. Posisi Terlentang
Setelah usia kehamilan menginjak 16 minggu ibu hamil tidak dianjurkan untuk tidur terlentang sebab posisi ini akan meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang, vena cava inferior, dan usus. Tidur dengan posisi terlentang juga bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan, sakit pinggang, wasir, mengganggu pernapasan, dan sirkulasi.
Pada trimester kedua dan ketiga posisi tidur terlentang juga bisa mempengaruhi tekanan darah. Dalam beberapa kasus posisi ini bisa mengakibatkan penurunan darah atau  malah meningkatkan tekanan darah. Kehamilan yang disertai tekanan darah tinggi tidak disarankn tidur dengan posisi terlentang.

3. Posisi Miring
Tidur menyamping ke kiri merupakan posisi yang paling direkomendasikan dokter saat perut makin membesar. Posisi ini dapat menghindarkan bayi dari tekanan organ dalam ibu seperti hati yang terletak di bagian sebelah kanan. Selain itu, posisi ini juga dapat melancarkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta bayi dan mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah jantung. Keuntungan juga dapat dirasakan ibu antara lain membantu ginjal membuang sisa metabolisme dan cairan dari ibu. Alhasil, ibu terhindar dari pembengkakan pada kaki, pergelangan tangan, dan kaki. Agar lebih nyaman letakkan bantal di antara dengkul dan letakan satu di punggung Anda.

4. Bersandar
Jika tidak bisa tidur menyamping, Anda bisa mencoba tidur bersandar pada bantal yang ditinggikan. Tidur akan lebih nyaman lagi bila menaruh beberapa bantal di bawah lutut.


Duduk yang tepat untuk ibu hamil

Diposkan oleh ibu hamil di 20.15 0 komentar

Duduk yang tepat untuk ibu hamil

Bila Anda sedang hamil, Anda harus mulai memikirkan banyak hal agar tetap sehat dan aman selama masa kehamilan. Apa yang harus dimakan, bagaimana cara duduk yang baik, posisi tidur, cara berjalan adalah hal sepele yang sebetulnya penting untuk dipikirkan. Jika itu adalah kehamilan pertama Anda, jadilah lebih protektif dalam setiap gerakan. Menurut penelitian terbaru, wanita hamil yang berdiri untuk jangka waktu yang lama memiliki bayi lebih pendek dan kurus.

Jadi, jika Anda ingin duduk untuk waktu yang lama, Anda harus tahu postur duduk yang nyaman dan aman. Cara duduk bisa membawa dampak yang besar pada kehamilan Anda. Jika Anda tidak duduk pada posisi yang tepat, Anda bisa menderita sakit punggung atau nyeri perut bagian bawah. Itu sebabnya, Anda perlu fokus pada posisi duduk Anda selama kehamilan. Berikut adalah beberapa tips bagi ibu hamil untuk mengambil posisi duduk yang tepat dan nyaman, seperti dilansir Boldsky.

1. Idealnya, posisi duduk terbaik untuk ibu hamil adalah, punggung lurus dengan bahu tertarik ke belakang. Ketika Anda sedang hamil, peningkatan berat badan sangat mempengaruhi ligamen dan otot. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada tubuh sehingga sulit untuk duduk dengan benar. Namun, duduk lurus akan membuat Anda merasa lebih baik dan menghindari sakit punggung selama kehamilan.

2. Menyandarkan tubuh sepenuhnya di kursi atau sofa. Ini adalah salah satu postur duduk yang membantu wanita hamil menghindari sakit punggung. Sandarkan pantat dan bahu pada kepala sofa sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman.

3. Seimbangkan berat badan ketika Anda sedang duduk. Selama kehamilan, kaki akan rentan nyeri akibat kenaikan berat badan. Jadi, ketika Anda sedang duduk atau berdiri, seimbangkan berat badan Anda pada kedua kaki. Jika duduk, bagilah porsi tubuhnya pada kedua pinggul.

4. Wanita hamil tidak boleh duduk di posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Ubahlah posisi duduk Anda untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan menghindari nyeri.

5. Wanita hamil yang bekerja harus duduk selama berjam-jam di meja kantor. Untuk itu, usahakan untuk lebih sering meregangkan kaki Anda setiap jam dan mencoba untuk berjalan-jalan kecil di dekat meja kantor.

Inilah tips agar ibu hamil bisa mengambil posisi duduk yang tepat dan nyaman. Selamat mencoba!

Selasa, 11 Juni 2013

Tip Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil

Diposkan oleh ibu hamil di 20.13 0 komentar

Tip Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil


Saat hamil adalah saat yang paling istimewa dalam sebuah keluarga. Namun  kehamilan yang seharusnya dijalani sebagai sesuatu anugerah membahagiakan kadangkala harus diselingi dengan warna-warni keluhan  dari seorang ibu hamil.
Nah, apa yang bisa kita sumbangkan untuk membantu meringankan keluhan para ibu hamil. Apalagi jika ibu hamil itu teman satu kerja atau tetangga kita. Maunya sih kita bisa beri nasehat-nasehat untuk membantu meringankan keluhan, tetapi mungkin di antara kita ada belum pernah mengalami atau tiak tahu mesti beri informasi apa. Yuk, kita lihat beberapa tip untuk mengatasi nyeri pinggang pada ibu hamil

Senin, 10 Juni 2013

Yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Kehamilan

Diposkan oleh ibu hamil di 20.40 0 komentar

Yang Tidak Boleh Dilakukan Selama Kehamilan



Mendapatkan kehamilan, berarti mendapatkan anugerah yang tidak terkira dari Yang Maha Kuasa. Kehamilan adalah suatu anugerah yang harus diperhatikan betul, dipelihara dan dijaga dengan baik hingga nantinya saat lahir menjadikannya seorang bayi yang sehat dan berkualitas. Namun ada kalanya seorang ibu hamil belum mengetahui secara pasti hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama kehamilan, terutama pada saat kehamilan pertama. Hal ini justeru penting diketahui oleh para ibu hamil untuk menjaga kehamilan tetap sehat dan berkualitas.
Berikut kami coba berikan tips mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama kehamilan.

Penyebab Jadi Pelupa Saat Hamil

Diposkan oleh ibu hamil di 20.32 0 komentar

Penyebab Jadi Pelupa Saat Hamil

Disadari atau tidak, fokus pikiran Anda selama hamil mengalami perubahan. Janin dalam perut pasti menjadi pusat pikiran dan perhatian. Apakah ia sudah mendapatkan gizi yang cukup? Apakah Anda siap untuk melahirkan? Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kedatangannya?

Perasaan yang bercampur antara bahagia dan cemas dalam menyambut kehadiran si bayi ini begitu menyita perhatian dan menyebabkan Anda sulit untuk fokus pada hal kecil lainnya.

Selain itu, meningkatnya jumlah hormon progesteron dan estrogen selama masa kehamilan membawa efek negatif pada sel-sel saraf bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur daya ingat dan fungsi kognitif.

Kekurangan zat besi yang dapat menyebabkan anemia juga dapat mengakibatkan oksigen yang dibawa darah ke otak tidak optimal dan mengganggu kerja otak.

Keluhan selama kehamilan

Diposkan oleh ibu hamil di 20.29 0 komentar

Keluhan selama kehamilan: Nyeri perut bawah, kembung dan perut tampak kecil ?

Keluhan selama kehamilan: Nyeri perut bawah, kembung dan perut tampak kecil ?
1. Perut kembung bisa disebabkan adanya beberapa faktor : pertama, pengaruh hormonal selama hamil. Meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen selama kehamilan membuat pergerakan usus menjadi lambat sehingga makanan dan gas yang diproduksi menjadi lebih lama transit di lambung dan usus sehingga dapat mengakibatkan kembung dan rasa penuh di perut.

Mengapa Ibu Hamil Sering Sakit Punggung

Diposkan oleh ibu hamil di 20.25 0 komentar

Mengapa Ibu Hamil Sering Sakit Punggung


Dari berbagai laporan disebutkan, sekitar 50 – 70% ibu hamil akan mengalami sakit (atau nyeri) punggung. Dan, keluhan ini akan menghebat pada trimester akhir kehamilan. Begitu sakitnya, sampai-sampai rutinitas sehari-hari dan tidur malam Anda terganggu.

Sebenarnya, apa pemicunya? Ternyata, hal ini erat kaitannya dengan berbagai faktor. Di antaranya adalah:

- Berubahnya titik berat tubuh Anda. Seiring dengan membesarnya rahim dan pertumbuhan bayi, titik berat tubuh cenderung menjadi condong ke depan. Akibatnya? Anda berusaha ‘menarik’ bagian punggung, agar lebih ke belakang. Tulang punggung bagian bawah pun lebih melengkung, serta otot-otot tulang belakang memendek.

- Postur atau posisi tubuh: Postur tubuh yang buruk, terus-menerus berdiri, serta sering-sering membungkuk bisa memicu sakit pinggung

- Meningkatnya hormon: Hormon yang dilepaskan selama kehamilan akan membuat persendian tulang-tulang panggul meregang (sebenarnya, ini persiapan yang dilakukan tubuh Anda untuk proses persalinan kelak, Ma!). Mau tidak mau, pergeseran ini akan mempengaruhi cara punggung menyangga tubuh.

Siapa saja, sih, yang paling berisiko tinggi mendera gangguan ini?

- Jika Anda pernah didera sakit punggung (karena memang menderita gangguan ini atau mengalaminya pada kehamilan sebelumnya).

- Anda yang hamil anak kembar.

- Lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk.

- Anda yang kegemukan.






sumber by : http://www.parenting.co.id
 

TIPS UNTUK IBU-IBU HAMIL Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting