Senin, 10 Juni 2013

Sakit Pinggang Saat Hamil

Diposting oleh Unknown di 01.22

Ibu Hamil Nyeri di Pinggang? Saatnya ke Fisioterapis

 
Foto: Ilustrasi/Thinkstock

Pegal dan nyeri di pinggang adalah keluhan para ibu hamil yang kandungannya sudah semakin besar. Ketika keluhan itu datang, sebaiknya ibu hamil segera datang ke fisioterapis.

"Kami jarang melakukan pijatan ke seluruh badan, hanya berdasarkan keluhan ibu hamil saja. Misalkan ibu hamil itu kan yang pinggangnya pegal, nyeri sampai ganggu aktivitas dia. Mungkin di massage, spa biasa juga oke, tapi ada yang tidka bisa hilang sehingga datang ke fisioterapis," terang fisioterapis RSIA Bunda Jakarta, Nurmala Dwi Astuti, AMd FT, saat berbincang dengan detikHealth, Rabu (14/11/2012).

Ketika ada ibu hamil yang datang dengan keluhan nyeri seperti itu, fisioterapi akan memasangkan alat bernama TENS (Technical Electrical Nerve Stimulation). Selama 15-20 menit TENS dipasang hingga ibu hamil merasa lebih baik. Setelahnya, fisioterapis akan memberikan pijatan di pinggang.

"Aman, karena kita mengerti otot mana yang kena. Pijatan juga nggak boleh kencang, karena kalau kencang malah akan menimbulkan peradangan. Kita maasage gentle saja di sekitar yang sakit, lalu dilakukan exercise di daerah sekitar pinggang," terang perempuan yang akrab disapa Mala ini.

Menurut Mala, umumnya ibu hamil yang mengeluhkan pegal dan nyeri pinggang adalah yang usia kehamilannya sudah lebih dari 5 bulan. Kala janin membesar, postur tubuh ibu pun berubah, dan tulang belakang pun merenggang. Maka itu sedikit salah kegiatan, ibu hamil akan merasa sakit.

"Pernah ada ibu hamil 36-37 minggu mengeluh daerah selangkangan sakit. Lalu TENS dipasang di bagian selangkangan dan kemaluan. Alhamdulillah setelah itu oke keadaannya. TENS itu aman, nggak bahaya buat bayi," papar Mala.

Ibu hamil yang ingin mendapatkan perawatan TENS secara penuh harus merogoh kocek Rp 180-205 ribu. Pemasangan TENS dan pijat akan diberikan selama 30-45 menit.

Mala berpesan kepada ibu hamil untuk rajin melakukan olah raga seperti senam khusus ibu hamil. Hal itu untuk mencegah adanya nyeri di pinggang dan tulang belakang.


sumber by : http://health.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIPS UNTUK IBU-IBU HAMIL Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting